Selamat Datang, dalam Keluarga Komunitas Mahasiswa Wonosobo Universitas Diponegoro

DANA PENGABDIAN MASYARAKAT UNDIP MENINGKAT 400%

Semarang.undip.ac.id.Tahun 2013 Universitas Diponegoro mendapat dana pengabdian masyarakat 400% lebih banyak dari tahun kemarin, dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Peningkatan tersebut  dibandingkan dengan data tahun sebelumnya dimana proposal yang di danai sejumlah 10 proposal di tahun 2012 meningkat menjadi 42 proposal di tahun 2013. Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undip, DR. Ir. Wayan Sukarya Dilaga, SU menyampaikan bahwa “42 proposal tersbut terdiri dari 3 judul pengabdian untuk program multi tahun dan 39 program mono tahun, dimana untuk multi tahun dananya sekitar 100 juta dan untuk mono tahun sekitar 50 juta rupiah per proposal kegiatan”.ungkapnya. “Jika dihitung perkiraan Total dana pengabdian masyarakat  berkisar 2.25M” jelas wayan. "Jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai besaran 647 juta rupiah" tandasnya.

Tujuan dari kegiatan Pengabdian masyarakat adalah untuk meningkatkan serta memberdayakan Masyarakat Mitra untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmurannya. Pengabdian masyarakat sebagai salah satu pilar Tri Dahrma Perguruan Tinggi menjadi tolak ukur kepedulian Undip sebagai Institusi Pendidikan terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
Wayan menjelaskan bahwa pelaksanaan seleksi atas proposal yang mendapatkan dana ini dimulai dari sosialisasi metodologi Pengabdian Mayarakat yang setiap tahun selalu diadakan oleh LPPM bagi Dosen-Dosen dilikungan Undip sehingga di dapatkan cukup informasi cara memilih topik yang relevan dengan menggunakan metoda penelitian yang benar.. "Tahapan berikutnya dilakukan review yang pada akhirnya dipilih proposal yang memenuhi syarat kemudian dikirim  ke DIKTI untuk mendapatkan pendanaan" jelasnya.
“yang lebih penting dalam pembuatan proposal dosen harus mengacu pada Visi Misi Undip dimana saat ini, dimana Undip ingin menjadi Universitas Research yang Unggul di tahun 2020 maka kegiatan Pengabdian Masyarakat harus mengacu pada Community services by Research Base” tandasnya.
Lebih lanjut dipaparkan bahwa “kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak ada batasan ilmu melainkan multi disiplin dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, meskipun kebanyak proposal yang masuk masih dari rumpun ilmu eksakta
“Harapannya kedepan Undip bisa mendapatkan lebih banyak lagi dana untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian masyarakat ini sehingga dibutuhkan peran aktif para Dosen untuk selalu mengembangkan ilmu dan penelitiannya untuk bisa diterapkan dimasyarakat" jelasnya.
Beberapa judul pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan di tahun 2013 dan merupakan program multi tahun antara lain Undip Autism Center, Pusat Pengembangan Teknologi Rumah Sistem Knock Down Menggunakan Batako, Undip Dive Center, sedangkan untuk program Mono Tahun antara lain Kelompok Usaha pembenihan dan pembesaran ikan patin "Sumber Rejeki" Ngrapah Banyubiru Kabupaten Semarang, Pakan komplit Biogas, Perbaikan Breeding, Feeding dan Manajemen Kambing Ettawa di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, Kelompok Produsen Jamur Tiram di Desa Genting Kecamatan jambu Kabupaten Semarang, rancang Bangun Tungku Model Tak Permanen Berpengisi Bahan bakar Limbah Abu sekam Padi Untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pembakaran bata merah tradisional serta beberapa judul pengabdian masyarakat lainnya. Ir

Sumber: http://www.undip.ac.id/index.php/arsip-berita-undip/78-latest-news/2158-dana-pengabdian-masyarakat-undip-meningkat-400

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar